Animasi JPIC Kustodi Fransiskus Duta Damai Papua

16 Feb

Alexandro Rangga OFM

“Semoga animasi ini menghidupi nilai-nilai JPIC yang sudah ada sehingga kita dapat terus menghidupkan dan mewujudkannya dalam karya pelayanan di Kustodi,” demikian sambutan Kustos Kustodi Fransiskus Duta Damai Papua, P. Gabriel Ngga, OFM dalam membuka keseluruhan kegiatan animasi JPIC yang berlangsung sejak Selasa, 15 Januari 2013-Jumat, 18 Januari 2013. Kegiatan animasi JPIC ini diselenggarakan oleh Sekretariat Keadilan, Perdamaian dan Keutuhan Ciptaan Fransiskan Papua sebagai bagian dari amanat keputusan Kapitel Kustodi Fransiskan Papua tahun 2011.

Kegiatan animasi JPIC ini dihadiri oleh seluruh staff SKPKC Fransiskan Papua, Para gardian dari 8 gardianat, Dewan Pendidikan, Sekretaris Penginjilan dan Misi, maupun utusan dari saudara muda. Hadir sebagai animator, P. Peter Aman, OFM dari JPIC Provinsi St.Mikhael Indonesia.

Kegiatan animasi yang berlangsung selama empat hari ini diisi dengan diskusi dan pendalaman materi  JPIC seperti sejarah JPIC dalam gereja Katolik dan Ordo Fratrum Minorum, JPIC dalam amanat St.Fransiskus Asisi maupun dalam dokumen ordo seperti konstitusi umum maupun hasil-hasil kapitel jenderal, JPIC dan spiritualitas fransiskan serta sharing karya-karya JPIC Provinsi St.Mikhael Indonesia. P. Peter Aman OFM menegaskan bahwa JPIC mempunyai pendasarannya dalam spiritualitas gereja maupun ordo. Oleh karena itu, para fransiskan patut mendalami dokumen-dokumen ordo agar mampu mengintegrasikan nilai-nilai tersebut dalam seluruh karya pelayanan. Akhirnya, seluruh kegiatan animasi ditutup dengan rencana tindak lanjut berupa animasi secara intern pada tingkat gardianat serta inventaris kegiatan atau karya yang berasaskan nilai JPIC di gardianat-gardianat.

P.Agon Rusmadji, OFM selaku Ketua Komisi JPIC dalam sambutannya menutup kegiatan animasi JPIC, sambil mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada P.Peter Aman OFM atas sumbangan pemikiran dan sharing,  mengungkapkan bahwa kegiatan animasi ini merupakan langkah pertama dan signifikan dalam penerapan nilai-nilai JPIC di persaudaraan fransiskan Papua. Semoga dengan kegiatan animasi ini, para saudara di Kustodi Fransiskus Duta Damai Papua semakin menyadari bahwa nilai-nilai JPIC merupakan semangat para fransiskan yang berakar dalam spiritualitas.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: