REKOLEKSI YAPUKEPA

4 Oct

Sdr.Felix Kalakmabin, OFM

Pada tanggal 10 September 2010,  karyawan/karyawati Yayasan Putri Kerahiman Papua mengadakan rekoleksi bersama di Tablanusu. Tema yang dipilih ialah “KASIH MEMPERSATUKAN KITA SEMUA”. Dari 70 karyawan/wati yang ada, hanya 50-an yang hadir. Rekoleksi ini merupakan usaha Yapukepa untuk membina dan memberdayakan para karyawan/watinya. Sdr. Yonas Purnama, OFM hadir sebagai pemberi rekoleksi sedangkan koordinatornya ialah Panti Asuhan Hawai dan Polomo.

Kami semua berkumpul di Panti Asuhan Polomo dengan kendaraan dari masing–masing unit. Pengunaan kendaraan dari masing-masing unit Yapukepa ini mempermudah koordinasi kendaraan. Cuaca cukup baik. Matahari terbit di ufuk timur tapi  tidak terlalu panas. Jalanan dari Sentani menuju Depapre-Tablanusu separuh baik separuh tidak. Setelah memarkir kendaraan, kami langsung menuju ke pantai. Kami lalu mengambil 3 pondok  sekaligus mengatur barang bawahan kami, dalam hal ini, makanan dan peralatan pribadi  lainnya. Setelah itu kami bersantai ria sedikit kemudian kami mengatur tempat untuk memulai rekoleksi.
Rekoleksi sendiri dibuka dengan lagu “Alangkah Megahnya KaryaMu Tuhan”. Pemimpin rekoleksi, Sdr.Yonas Purnama, OFM membawa kami dalam permenungan akan tema: “Kasih Mempersatukan Kita Semua”. Sesudah itu kami masuk dalam kelompok sharing setelah sebelumnya membaca secara bergantian, bagian kiri dan kanan Mazmur 139:1–18. Sharing kami, dengan alokasi waktu 1 jam 15 menit, dituntun oleh pertanyaan penuntun yang sederhana namun mengandung arti yang cukup mendalam yaitu Apakah hal yang sangat menyenangkan dalam karya atau hidupmu atau sebaliknya?

Kami begitu fokus dan menikmati sharing dalam kelompok-kelompok kecil. Padahal di sekitar lokasi banyak sekali orang. Ada yang bakar ikan dan ayam. Ada juga yang makan-makan dan ada pula yang naik perahu. Dalam sharing kelompok, ada yang dengpolos mengungkapakan unek-uneknya. Adapula yang cuma  mendengar saja. Waktu yang disediakan untuk sharing ternyata tidak cukup karena jumlah anggota dalam kelompok kecil itu masih cukup besar. Sesudah itu, pada jam 11.15 kami bergabung kembali dalam kelompok besar. Sdr. Yonas lantas memberi kesimpulan, penegasan, peneguhan dari mazmur tadi. Tidak lupa juga pembacaan injil tentang “Gembala Yang Baik” (Yoh 10:1-18). Sdr. Yonas dalam kotbahnya berujar: “Para karyawan–karyawati Yayasan Putri Kerahiman, jadilah gembala–gembala yang baik di ladang masing–masing dengan kasih, merangkul dan menggendong domba–domba-Nya dengan kasih pula.”

Selanjutnya kami makan siang. Lalu, dengan perut yang sudah lebih kenyang karena makanan yang berlimpah (siapa dulu yang urus makanan, Sr. Lidyia SMSJ hehehe ) kami mulai mandi, naik perahu ke pulau, mencari buah, bermain kartu, mengumpulkan batu hingga berkaroke dengan lagu-lagu rio grime sebagai lagu andalan. Kegiatan rekreasi makin meriah karena kehadiran Maria yang menghibur para penggunjung dengan ceritanya yang seringkali dikutip dari Kitab Suci. Maria juga melayani kami dengan baik sampai pulang. Akan tetapi kami kesulitan ketika harus pulang karena kendaraan kami terjebak di tengah-tengah kendaraan lain di area parkir yang sangat padat. Kami menunggu hampir setengah jam, sebelum bisa pulang kembali ke Panti Asuhan Plomo. Kami tiba dengan selamat dan saya menyempatkan diri membawa pulang kerupuk satu kantung besar, daging ayam dan ikan buat anak–anakku di Panti Asuhan Polomo.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: