Perjalanan Fransiskan International di Asia Pasifik (FIAP) 2008-2011

26 Mar

Edy Rosariyanto, OFM

Selama tiga hari berada di Bangkok, Thailand untuk mengikuti evaluasi perkembangan FIAP, saya mencatat beberapa informasi yang baik untuk dibagikan kepada para saudara. Semoga hal ini bisa berguna.

Tentang FI
FI telah beraktivitas sejak berkantor di New York (1990), Jenewa (1997) dan Bangkok (2008). Fokus kerja FI adalah advokasi; kemiskinan, lingkungan hidup, membangun budaya damai. Untuk mencapai hal tersebut, FI melaksanakan beberapa kegiatan di PBB seperti mengangkat isu HAM, membawa saksi/korban untuk berbicara di PBB, kerjasama dengan jaringan LSM/misi, menulis laporan kepada Fransiskan dan memantau perkembangan.

Bagaimana sejarah FIAP?
*Pada Juni 2005 dilaksanakan pertemuan di Singapura, kemudian dibentuk kelompok kerja untuk mengkaji hadirnya FI di Asia Pasifik.
*Pada Januari 2006, kelompok kerja menghasilkan laporan akhir.
*Pada Maret 2008, kantor FI dibuka di Bangkok. Pemilihan Bangkok sebagai lokasi kantor FIAP karena Bangkok merupakan pusat kantor PBB di Asia Pasific dan kantor lembaga internasional lainnya.

Apa yang diharapkan dari FIAP 2008-2010?
*Penguatan kapasitas, yaitu dengan melaksanakan pelatihan.
*Membangun komunikasi dan jaringan kerja.

Apa yang telah dilaksanakan selama 2008-2010?
*Pelatihan sistem UNHR (United Nation Human Right)
*Pelatihan Manajemen ekosistem
*Pelatihan Membangun Damai yang Berkelanjutan
*Mendukung laporan-laporan Universal Periodic Review (UPR); Sri Langka, Australia, India, Solomon Island, Philipina.

Apa yang akan terjadi di 2011?
Lokakarya regional: Hak Asasi Masyarakat Adat
Membuat laporan UPR; Timor Leste, Philipina, PNG, India.
Mendaftarkan kantor FI di Bangkok
Mendukung program: India, Papua & Indonesia, Timor Leste dan Australia.
Mendukung inisiatif advokasi di tingkat regional.

Apa tantangan FIAP?
*Angka kemiskinan masyarakat yang besar.
*Degradasi lingkungan.
*Penggantian pemimpin membuat kesulitan komunikasi.

FI dan SKPKC FP
Rencana ke depan yang akan dilakukan oleh FI dan SKPKC di masa mendatang yaitu membangun kembali strategi untuk kampanye Papua. Dalam dua tahun belakangan, kampanye tentang Papua melemah maka dirasa perlu untuk kembali mengangkatnya di tingkat regional dan internasional.

FIAP dan lembaga-lembaga di Bangkok
Selain mengikuti evaluasi FIAP, kami juga diajak untuk mengunjungi kantor PBB wilayah Asia Pasific di Bangkok. Di kantor tersebut kami bertemu dengan Emilia Mugnai (UNDP), Marco Roncarati (UN ESCAP), Sriprapha Petcharamesree (Wakil Thailand di ASEAN bagian HAM), Momayoun Alizadeth (OHCHR). Pertemuan itu diisi dengan presentase dan diskusi menyangkut program mereka di wilayah Asia Pasifik.

Sriprapha Petcharamesree menjelaskan bahwa ASEAN (berdiri 1947) telah memiliki persepsi tentang HAM. Asean telah memiliki mekanisme HAM namun tidak memiliki instrumen HAM. ASEAN yang anggotanya terdiri dari negara-negara di Asia Tenggara tidak mempunyai mandat untuk menerima komplain, komunikasi menyangkut persoalan HAM.

Peserta Evaluasi FIAP 2011
Peserta yang hadir dalam pertemuan evaluasi FIAP sebanyak empat puluh orang yang merupakan perwakilan dari tarekat fransiskan/fransiskanes dari negara-negara Asia Pasific (Indonesia, Australia, India, Myamar, Pakistan, PNG, Singapura, Korea Selatan, Sri Langka, Taiwan, Thailand, Philipina, Kep. Solomon dan Vietnam). Pada pertemuan tersebut, dalam kesempatan pribadi, saya menyampaikan terima kasih kepada persaudaraan di Australia, India dan Philipina yang telah membantu persaudaraan Fransiskan di Papua. Saya membawa salam hangat dari mereka semua (khususnya Sdr. Steve Bliss dari Australia yang rindu bertemu Sdr Ferdinand & Sdr. Ino) kepada persaudaraan di Papua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: