Surat Persaudaraan Januari 2013

16 Feb

Para saudara,

Semoga Tuhan memberimu damai sejahtera.

 

Para saudara, selamat berjumpa di tahun 2013.  Mengawali tahun 2013 ini Kustodi kita menyelenggarakan animasi KPKC bagi para guardian, para formator dan para staf SKPKC Kustodi di Rumah Samadi St Klara-Sentani. Berlangsung dari tanggal 15-18 Januari 2013 dengan tema:  REVITALISASI NILAI JPIC DALAM FORMASI FRANSISKAN. Pembicara kunci adalah Sdr. Peter Aman OFM, Direktur KPKC Provinsi  St. Mikhael Malaikat Agung di Indonesia, difasilitasi oleh Sekretariat Keadilan dan Perdamaian dan Keutuhan  Ciptaan (SKPKC) Kustodi.

 

Tujuan utama dari pertemuan ini ialah agar kita semua sadar dan sungguh-sungguh menghidupi nilai JPIC itu dalam hidup keseharian kita. Suatu nilai yang tak terpisahkan dari panggilan kita sebagai religius fransiskan, yang dengan berani disebut oleh Minister General kita dalam Kapitel General 2009 sebagai “DNA”nya Fransiskan.  Dan karena itu, nilai JPIC itu mesti dihidupkan dalam formasi kefransiskanan kita: formasi awal dan binalanjut. Saya mengatakan ‘dihidupkan’ karena sejak seseorang menjadi fransiskan benih JPIC itu sudah dengan sendirinya tertanam di dalam dirinya. Karena itu pula konstitusi Ordo kita mewajibkan semua saudara untuk dibentuk dan mengekspresikan nilai JPIC itu dalam hidup mereka. “All the friars and candidates should be formed to preach peace and justice through their deeds and to overcome evil by doing good (cf. CCGG 68.1). And they should show feelings of respect for Creation in so far as it as a sign of Creator, inducing others to be constructors of peace and to safeguard creation (cf. CCGG 71).

 

Mengingat bahwa para saudara yang ikut dalam pertemuan ini adalah orang-orang kunci dalam hidup persaudaraan kita di Kustodi, maka tentu harapan kita besar. Mereka mensosialisasikannya di komunitas masing-masing, menyusun program konkrit dan melaksanakannya. Dengan demikian, nilai JPIC akan mewarnai dan menggerakkan hidup persaudaraan di komunitas-komunitas dan gardianat di seluruh Kustodi. Sehingga tahun 2013 ini bagi kita merupakan  tahun kebangkitan akan nilai-nilai JPIC.

 

 

Sdr. Gabriel Ngga, OFM

Kustos

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: